Pendampingan Pembuatan Logo dan Label RAS Konveksi
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.1182Kata Kunci:
UMKM, logo, label, lurik, brandingAbstrak
Program Pengabdian kepada Masyarakat dari LPPM Untar ini berupa pendampingan pembuatan Logo dan Label untuk UMKM RAS Konveksi. Adapun pendampingan ini membantu UMKM yang tergolong sudah cukup lama namun ingin membuat logo baru untuk memperkuat branding produknya di pasaran. Usaha garmen ini beralamat di Gambiran RT: 47, RW: 21, Kali Tengah, Wedi Klaten. Usaha dagang ini memproduksi dan menjual produk berupa baju seragam sekolah, daster, kain lurik, celana kulot dan celana batik di pasar Gombong dengan memiliki los di pasar Gombong dan pasar Beringharjo. Pendampingan ini dilakukan untuk memberikan tambahan pemahaman mengenai penguatan branding baru yang sebelumnya menggunakan nama Raihan sekarang menjadi RAS Konveksi. Pendampingan ini meliputi penjelasan mengenai penguatan branding, dalam hal ini RAS melakukan rebranding dari merek sebelumnya. Penguatan merek baru diharapkan bisa menyamai merek sebelumnya yang sudah ada. Hasil pengabdian PKM yang diperoleh setelah melakukan pelatihan adalah mitra menjadi lebih tahu pembuatan logo dan desain logo digunakan untuk memberikan nama pada produk garmen dari RAS Konveksi. Hasil desain dari label dan logo juga digunakan untuk produk yang akan dijual RAS Konveksi.
Unduhan
Referensi
Basuki, S., Winanti, Goestjahjanti, F. S., Lestari, S., Fayzhall, M., Karyadi, N., Laeli, B., Rahmadani, N. Y., Rosi, M., & Tiara, B. (2022). WORKSHOP PENGUATAN I NOVASI UMKM DAN PRODUK UNGGULAN KAMPUNG TEMATIK KABUPATEN TANGERANG, Bangun Rekaprima, Vol. 08, No. 2, pp. 135–141.
Winanti; Basuki, S; Goestjahjati, F. S; Lestari, S; Fayzhall, M; Suseno, B; Fahrezi, G; Hidayatulloh; Yusuf; lael, B. (2023), “PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN DAN LOGO GUNA MENINGKATKAN BRAND IDENTITY PADA UMKM KAMPUNG TEMATIK DRUM BUJANA, PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, Vol. 3, No. 1, pp. 86-94.
Saktiana, G. M. (2023), “PENDAMPINGAN UMKM LINA BATIK UNTUK PACKAGING, LOGO DAN LABEL, Jurnal Serina Abdimas, Vol. 1, No. 4, pp. 1588 – 1595.
Taufikurrahman, T; Yusuf, B; A. R., Fatimatuzzahro, U; Febriari Rahmawati, E; Fadila Aprilia, F; Nur Fadillah, A; Setiawati, P; Tri Aidhaningtyas, F; Rahma Krisna, N; Surya Murti, D; Laksmana Putra, S. F; dan Ardiyana, I. G. (2022), “Pendampingan Pembuatan Label Pada Produk Kemasan Umkm Di Desa Besuk, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo”, Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1, No. 2, pp. 48–54. https://doi.org/10.59066/jppm.v1i2.62
Taufieq, N. A. S; Romadhani, N. F; Rahman, M. H; Ahmad, I. A; Pertiwi, N. (2024), “Pelatihan Desain Label Produk Kemasan Kewirausahaan pada Masyarakat Kabupaten Majene”, Jurnal Dedikasi, Vol. 26, No. 1, pp. 7-12.
Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Riyanto, D. W. U. (2024), “Pendampingan Desain Logo dan Kemasan untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal”, Alkhidmah: Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat, Vol. 2, No. 3, pp. 69 – 77. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i3.970
Ainun, N. A; Wahida; dan Maming, R. (2023), “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun BrandingPada Umkm” Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), Vol. 6, no. 1, pp. 674–681. doi: 10.36778/jesya.v6i1.967
DiskopUKM, “Bimbingan Teknis Kurasi Produk UMKM 2022,” https://ppid.jemberkab.go.id/beritappid/detail/bimbingan- tekniskurasi- produk-umkm-2022, Jul. 21, 2021
Swasty, W., & Mustafa, M. (2023). Using Multiple Case Studies to Examine the Role of Colours in SME Food Packaging. Wacana Seni, 22, 82–96. https://doi.org/10.21315/ws2023.22.6
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, PearsonEducation,Inc.
Junaedi, N. L. (2022). Apa itu brand identity? Berikut manfaat dan 4 cara membuatnya! Ekrut Media. https://www.ekrut.com/media/brand-identity-adalah
Adir, G., Adr”, V., & Pascu, N. E. (2012). Logo Design and the Corporate Identity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 650–654. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.218
Malhotra, N. K. (2010). Marketing research: An applied orientation. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. Penerbit Andi.
Pulungan, M. H., Dewi, I. A., Rahmah, N. L., Perdani, C. G., Wardina, K., & Pujiana, D. (2018). Teknologi pengemasan dan penyimpanan. Universitas Brawijaya Press.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Galuh Mira Saktiana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.