Media Celengan Kreatif Sebagai Upaya Edukasi dan Habituasi Hidup Hemat Semenjak Dini Melalui Kegiatan Gemar Menabung di Desa Bumirejo Kabupaten Magelang Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.1172Kata Kunci:
media celengan kreatif, hidup hemat, edukasi keuangan, gemar menabung, anak-anak, remajaAbstrak
Penggunaan media celengan kreatif dapat menjadi strategi efektif dalam menanamkan edukasi dan kebiasaan hidup hemat sejak dini. Di Desa Bumirejo, Kabupaten Magelang, banyak anak dan remaja yang belum memiliki kesadaran menabung secara konsisten. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui program “Gemar Menabung” dengan memanfaatkan media celengan kreatif, disertai sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Program melibatkan 20 siswa sekolah dasar dan 15 remaja di desa selama empat minggu. Peserta diberikan edukasi mengenai perencanaan keuangan sederhana, praktik menabung menggunakan celengan kreatif, serta evaluasi melalui kuis dan observasi perilaku menabung. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman dan kebiasaan menabung secara signifikan. Berdasarkan kuis, tingkat pemahaman peserta meningkat sebesar 80%, dan 70% peserta mulai menabung secara rutin setiap minggu. Observasi lapangan menunjukkan adanya perubahan perilaku positif, termasuk pengelolaan uang saku yang lebih bijak dan pengurangan pengeluaran konsumtif. Program ini membuktikan bahwa penggunaan media celengan kreatif mampu mendorong terbentuknya budaya menabung dan hidup hemat sejak dini, yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di masa depan.
Unduhan
Referensi
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44.
Atkinson, A., & Messy, F. A. (2012). Measuring financial literacy: Results of the OECD / International Network on Financial Education (INFE) pilot study. OECD Working Papers on Finance, Insurance and Private Pensions, No. 15.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory action research: Communicative action and the public sphere. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The Sage handbook of qualitative.
Zuber-Skerritt, O. (2012). Action research for sustainable development in a turbulent world. Emerald Group Publishing
S. Mandell and L. Klein, Personal Finance: An Integrated Planning Approach, 7th ed. Mason, OH: South-Western Cengage Learning, 2009.
Sutrisno, B. (2020). Metode dan Strategi Pengabdian kepada Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.
Fitriani, A., & Wijayanti, R. (2021). Penerapan Metode Edukatif dalam Kegiatan Sosialisasi Gemar Menabung pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 45–52.
Mulyasa, E. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 123–134. DOI: 10.21831/jpk.v11i2.40851
Suryadi, D., & Siregar, R. (2022). Communicative and Participatory Approaches in Building Students’ Social and Economic Awareness. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 3(1), 45–58. DOI: 10.23887/jpe.v3i1.41257.
Hidayah, N., & Lestari, M. (2023). Integrating Economic Character Education in Early Childhood Learning through Participatory Methods. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 980–990. DOI: 10.31004/obsesi.v7i2.2145.
Fitriani, D. (2020). The Role of Communicative Learning in Developing Students’ Character and Economic Awareness. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 67–75. DOI: 10.23887/jipp.v4i1.23347.
D. Wulandari and A. Pratiwi, “The Development of Financial Literacy in Early Childhood Through Habitual Saving Activities,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 3764–3775, 2022. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2061.
S. Mulyani, N. Hasanah, and A. M. Rahman, “Financial Literacy Education in Early Childhood: Building Independent and Responsible Character,” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 45–56, 2023. DOI: 10.29313/ga.v7i1.10718.
L. Yuliani and H. Handayani, “Internalization of Character Education in Elementary School Students Through Saving Habits,” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, vol. 8, no. 2, pp. 112–120, 2023. DOI: 10.29407/jpdn.v8i2.19344.
R. Astuti and M. H. Siregar, “The Role of Financial Literacy in Developing Children's Financial Independence,” Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, vol. 12, no. 1, pp. 25–31, 2023. DOI: 10.15294/ijeces.v12i1.63712.
S. Mancone, B. Tosti, S. Corrado, G. Spica, A. Zanon, dan P. Diotaiuti, “Youth, money, and behavior: the impact of financial literacy programs,” Frontiers in Education, vol. 9, art. no. 1397060, 2024.
M. Cannistrà, “The impact of an online game-based financial education tool on students' financial literacy levels,” Journal, 2024. (Anda perlu melengkapi nama jurnal & detail volumenomor) .
P. Williams, “Enhancing financial literacy in children 5–12 years old: embedding financial literacies in a school market garden programme,” International Journal of Children’s Studies (atau jurnal terkait), 2022.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jendriadi, Avel Aditya Ananta, Maulida Eka Fitriani, Hayatus Sofi, Sofi Hidayatul Janah, Nita Tri Wahyuni, Yuyun Setiasih, Savira Nu’uril Nazikha, Novia Dita Ramadani, Defa Oktaviani, Deky Aziz Kurniawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.