Optimalisasi Pengetahuan dan Keterampilan Pembuatan Katalog Digital Pelaku UMKM Desa Wisata Nusantara Banyumas

Penulis

  • Indah Puspitasari Universitas Jenderal Soedirman
  • Kristianto Setiawan Universitas Jenderal Soedirman
  • Gigih Ariastuti Purwandari Universitas Jenderal Soedirman
  • Eka Dyah Puspita Sari Universitas Jenderal Soedirman
  • Lely Tri Wijayanti Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.1164

Kata Kunci:

digital marketing, katalog digital, digital catalogue, copywriting, promotion, UMKM

Abstrak

Tidak dipungkiri bahwa saat ini pelaku UMKM sangat membutuhkan digital marketing untuk memperluas pasar mereka. Salah satu kebutuhan yang diminati saat orang berbelanja adalah kemudahan dalam melihat dan memilih produk yang ditawarkan. Kemudahan ini bisa difasilitasi dengan pembuatan katalog digital. Selain mudah untuk dibagikan, katalog digital juga mampu memberikan informasi yang jelas kepada pembeli. Sehingga harapannya, katalog digital ini mampu meningkatkan jumlah penjualan. Kegiatan ini memiliki tujuan yakni untuk (1) mengetahui pengetahuan (knowledge) yang dimiliki peserta tentang katalog digital. (2) mengetahui keterampilan (skill) yang dimiliki peserta tentang teknik pembuatan katalog digital. Kegiatan ini dilakukan dengan berbasis pelatihan dan pendampingan untuk mengenalkan tentang katalog digital serta teknik copywriting dengan AIDA konsep yang meliputi Attention, Interest, Desire dan Action. Metode yang digunakan berupa pelatihan, praktik dan pendampingan dengan metode teaching and learning cycle; (1) Building knowledge, (2) Modelling, (3) joint construction and, (4) independent construction dan (5) presentation. Untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan ada tiga jenis evaluasi: (1) tahap awal melalui Pre-test melalui Gform guna mengetahui tingkat pemahaman dan pengetahuan awal, (2) tahap pelaksanaan kegiatan/ proses kegiatan melalui pengamatan, diskusi, praktek dan penilaian produk akhir (3) tahap akhir melalui post- test kuesioner G-form, Dengan tahap evaluasi ini, ranah knowledge dan skill para peserta dievaluasi guna mengetahui peningkatan pemahaman mereka tentang katalog digital. Kesimpulannya, dari hasil pelatihan terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 29.06 % dan peningkatan keterampilan peserta pembuatan katalog digital dari 20 % menjadi 80%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Tambunan T. UMKM di Indonesia: Masalah dan Perkembangan. Jakarta: LP3ES; 2019.

OECD. SME and Entrepreneurship Outlook 2021. Paris: OECD Publishing; 2021.

Kementerian Desa PDTT. Profil Desa Wisata Nusantara. Jakarta: Kemendesa; 2020.

Kemenparekraf RI. Laporan Statistik Desa Wisata Indonesia 2022. Jakarta: Kemenparekraf; 2022.

Suwena IK, Widyatmaja IG. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Udayana University Press; 2017.

Arifin Z, Susilo H. Pemasaran produk berbasis kearifan lokal UMKM di Indonesia. J Manaj Bisnis. 2020;10(2):123-35.

Kotler P, Keller KL. Marketing Management. 16th ed. Harlow: Pearson Education; 2016.

Kementerian Perdagangan RI. Statistik Ekspor Produk UMKM 2021. Jakarta: Kemendag; 2021.

Widyastuti H, Nuraini N. Analisis permasalahan UMKM di era digital. J Ekon Pembang Indones. 2021;22(1):45-56.

Chaffey D, Ellis-Chadwick F. Digital Marketing. 8th ed. Harlow: Pearson; 2019.

Putri RH, Hidayat T. Digital marketing strategy for SMEs: A case study in Indonesia. Int J Innov Creat Change. 2020;11(2):604-18.

Mingsakoon P, Srinon U. The use of genre-based approach in teaching writing. Int J Lang Educ. 2018;2(2):1-14.

Lail H. Implementasi genre-based approach dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi. J Ilm Pendidik Bahasa. 2022;8(1):55-67.

Bly RW. The Copywriter’s Handbook: A Step-By-Step Guide to Writing Copy That Sells. 4th ed. New York: Henry Holt; 2019.

Apriliyanti ID, Setiawan R. Copywriting dalam promosi digital UMKM: Studi pada marketplace Indonesia. J Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indones. 2021;6(1):77-88.

Puspitasari I, et al. Pelatihan copywriting, foto produk sederhana dan visualisasi brosur bagi pelaku industri pariwisata dan UMKM Desa Wisata Nusantara Banyumas. Pros Sem Nas LPPM Unsoed. 2024;13(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-30

Cara Mengutip

Puspitasari, I., Setiawan, K. ., Purwandari, G. A., Puspita Sari, E. D., & Wijayanti, L. T. (2025). Optimalisasi Pengetahuan dan Keterampilan Pembuatan Katalog Digital Pelaku UMKM Desa Wisata Nusantara Banyumas. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(5), 341–347. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.1164