Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Guru TK melalui Workshop Pembuatan Video Pembelajaran di TK Citra Al Medina

Penulis

  • Lika Jafnihirda Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rahmatul Husna Arsyah Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Stevany Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i4.1119

Kata Kunci:

pembelajaran, digitalisasi, video pembelajaran, canva

Abstrak

Keterampilan digital menjadi salah satu kebutuhan penting bagi guru di era pendidikan 5.0, termasuk bagi guru Taman Kanak-Kanak (TK). Namun, literasi digital guru TK, khususnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video, masih tergolong rendah. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk tridarma dosen, maka tim dosen UPI YPTK melaksanakan workshop pembuatan video pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kemampuan digitalisasi pada guru TK di TK Citra Al Madina. Kegiatan workshop ini dilakukan guna untuk memberikan pelatihan interaktif, pendampingan praktik pembuatan video menggunakan aplkasi canva, dan evaluasi hasil karya peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi sederhana untuk membuat media ajar berbasis video, serta tumbuhnya motivasi guru untuk terus berinovasi dalam pembelajaran. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal pemberdayaan digital guru TK yang berkelanjutan di era transformasi pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

NESCO. (2022). Technology in Education: A tool on the rise. UNESCO Institute for Statistics.

Andriani, A. D., & Wibowo, E. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kesiapan Guru PAUD di Masa Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 145-155.

Handayani, S., Susanti, N., & Nurhayati, I. (2022). Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education Research, 4(1), 65-74.

Jewitt, C. (2020). The Routledge Handbook of Multimodal Analysis (2nd Ed.). Routledge.

Andriani, D., & Wibowo, P. A. (2021). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Kreatif, 8(2), 45–52. https://doi.org/10.31227/jpk.v8i2.45

Ardiansyah, R. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva dalam pengembangan media pembelajaran digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 23–31. https://doi.org/10.22219/jip.v12i1.23

Dewi, A. P., & Fitriani, F. (2022). Peran literasi digital guru PAUD di era pendidikan 5.0. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 78–85. https://doi.org/10.21009/jpaud

Fitri, R. A., & Sari, P. D. (2019). Pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran interaktif untuk anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jtp.v21i2.112

Handayani, S. (2023). Pelatihan pembuatan video pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterampilan digital guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 5(3), 211–219. https://doi.org/10.22219/jpkm.v5i3.211

Hidayati, R., & Prasetyo, B. (2021). Analisis penggunaan aplikasi Canva dalam mendukung pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8(2), 145–153. https://doi.org/10.21009/jptjj

Indriani, D. (2022). Strategi guru dalam digitalisasi pembelajaran PAUD di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 33–41. https://doi.org/10.15294/jpa.v11i1.33

Jewitt, C. (2020). Multimodal methods for researching digital learning environments. Learning, Media and Technology, 45(2), 221–234. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1729360

Kurniawan, H. (2023). Implementasi video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(4), 512–519. https://doi.org/10.33369/jpi.v10i4.512

Lestari, S. R. (2022). Pengembangan video pembelajaran berbasis Canva untuk anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3771–3780. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3771

Marlina, Y., & Hartati, S. (2024). Peningkatan kemampuan guru PAUD melalui pelatihan video pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/jppg.v3i1.1

Nurfadilla, I. (2021). Penggunaan video pembelajaran sebagai media alternatif dalam pembelajaran jarak jauh. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 50–58. https://doi.org/10.25077/jpdn.v6i2.50

Oktaviani, R., & Sari, Y. (2019). Pemanfaatan Canva dalam pembelajaran kreatif berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 4(3), 68–75. https://doi.org/10.22373/jpdm.v4i3.68

Pramitasari, D. A. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran digital berbasis video interaktif di PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 120–128. https://doi.org/10.23887/jipaud.v8i2.12

Putri, M. R., & Suyanto, E. (2020). Digitalisasi pendidikan di era revolusi industri 4.0: Peluang dan tantangan bagi guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 292–306. https://doi.org/10.24832/jpnk.v25i3.292

Rahayu, D. S., Putri, V. A., & Nugroho, H. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Smartphone untuk Pembuatan Video Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Educational Technology Innovation, 5(1), 22-33.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-30

Cara Mengutip

Jafnihirda, L., Arsyah, R. H. ., & Stevany, S. (2025). Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Guru TK melalui Workshop Pembuatan Video Pembelajaran di TK Citra Al Medina. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(4), 225–230. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i4.1119