Pentingnya Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahan Akademik untuk Penelitian

Penulis

  • Rudy Universitas Prima Indonesia
  • Kristiawan Indriyanto Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i4.1103

Kata Kunci:

membaca, bahan akademik, penelitian, mahasiswa

Abstrak

Kajian ini merupakan hasil dari kegiatan kuliah umum yang juga merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pembahasan berfokus pada pentingnya keterampilan membaca bahan akademik untuk kebutuhan penelitian di kalangan mahasiswa dan cara yang dapat diterapkan untuk mencapai hasil yang baik. Pembahasan tentang keterampilan membaca bahan akademik penting bagi mahasiswa agar mereka dapat berhasil dalam melakukan penelitian untuk tugas dan skripsi. Kegiatan tersebut diadakan dalam bentuk kuliah umum untuk mahasiswa semester 4 program studi Sastra Inggris Universitas Respati Yogyakarta. Kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga tahap yakni, pemaparan materi, aktivitas tanya-jawab, latihan membaca bahan akademik dan kesimpulan. Hasil dari forum diskusi tersebut mengungkapkan bahwa membaca bahan akademik yang meliputi artikel jurnal ilmiah, laporan penelitian, buku teks, tesis, disertasi, dan lain-lain bertujuan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi (data) mengenai objek yang diteliti. Membaca bahan akademik akan menjadi mudah dengan mempelajari cara memahami jenis-jenis dan karakteristik dari bahan akademik, menemukan kalimat topik (topic sentence) dan menguasai teknik membaca cepat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Budiantoro, E., W. Sukartiningsih, Hendratno, & N. Istiq'faroh. (2024). Analisis Kebutuhan Awal Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (4): 231-242. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19825.

Efendi, Z., W. N. Hisyam, & A. R. Farastina. (2023). Kurangnua Minat Baca Buku di Kalangan Mahasiswa. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ) 1 (4): 382-398. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.

Izhar & Sholikhin. (2018). Kemampuan Mahasiswa Mengindentifikasi Kalimat Topik melalui Pengetahuan Konteks dan Referensi Pragmatik. Jurnal Pesona 4 (2): 19-31. https://doi.org/10.26638/jp.774.2080.

Khodra, M. L., D. H. Widyantoro, E. A. Aziz, & B. R. Trilaksono. (2011). Free Model of Sentence Classifier for Automatic Extraction of Topic Sentences. ITB Journal of Information and Communication Technology 5 (1): 17-34. https://doi.org/10.5614/itbj.ict.2011.5.1.2.

Lily. (2024). Effect of Speed Reading Method on the Students' Ability to Understand an ESP Text. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 7 (1): 2408-2414. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25835.

Martiarini, E. (2013). The Effects of Speed Reading Method upon Students' Reading Comprehension. Deiksis 5 (2): 89-105. https://doi.org/10.30998/deiksis.v5i02.463.

Mccarthy, P. M., A. Ranner, M. Duncan, & N. D. Duran (2008). Identifying Topic Sentencehood. Behavior Research Method 40 (3): 647-664. https://doi.org/103758/BRM.40.3.647.

Pujiastuti, I., V. S. Damayanti, Y. Mulyati, & A. Sastromihardjo. (2023). Analisis Kebutuhan Peniliaian Membaca Artikel Jurnal di Perguruan Tinggi. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 9 (2): 76-87. https://doi.org/10.33369/diksa.v9i2.30528.

Rahmah, A. & H. Salsabilah. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan dan Sastra 2 (2): 169-175. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.566.

Rudy. (2023). Mengembangkan Minat Membaca Pelajar terhadap Karya Sastra Amerika. Jurnal Pustaka Mitra 3 (6): 253-257. https://doi.org/10.55382/jutnalpustakamitra.v3i6.635.

Shofiani, R., D. Puspitaningrum, T. Nuria, M. R. Farid, & A. F. Maula. (2024). Implementation of thr Speed Reading Method as a Means of Fostering Interest in Readin Skills of Seniot High School Students. ICONIE 3 (1): 2330-2340. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/iconie/article/view/1910.

Situmorang, D., I. Y. B. Tarigan, P. E. S. Hutagalung, Andreas S., R. Siahaan, & E. J. Manullang. (2024). Literasi Membaca dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia di Era Digitalisasi pada Anak Sekolah Minggu Gereja HKBP Maranatha Desa Silamosik 2 Porsea. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 3 (2): 1567-1577. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1089.

Suryana, A., I. B. Zaki, J. Sua, G. Phua, Jekson, & Celvin. (2021). Pentingnya Membaca Buku bagi Generasi Baru di Era Teknologi bersama Komunitas Ayobacabatam. Prosiding National Conference of Community Service Project 3 (1): 715-720. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/6010.

Tarigan, Y. H. B., N. H. Cipta, & S. Rokmanah. (2023). Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia pada Kegiatan Pembelajaran Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 9 (5): 829-842. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2032.

Teguh, E., E. Susilawati, & U. Salam. (2024). The Analysis of Topic Sentence in Research Background. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 3 (7). https://doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6240.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-25

Cara Mengutip

Rudy, R., & Indriyanto, K. (2025). Pentingnya Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahan Akademik untuk Penelitian. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(4), 208–213. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i4.1103