Pentingnya Penguatan Branding dan Pembuatan Baner Usaha Baru Jamu Merpati
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i4.1081Kata Kunci:
jamu, merpati, UMKM, promosi, banerAbstrak
Pendampingan usaha yang masih tergolong baru ini untuk pendampingan mengenai komunikasi pemasaran untuk memperkuat branding dari jamu yang mereka produksi. Usaha pembuatan jamu untuk merpati ini beralamat di Buntalan, Kalitengah, RT 044, RW 019 Wedi Klaten. Adapun produk yang ingin dijual adalah jamu yang terbuat dari 25 ramuan herbal dan rempah-rempah untuk kesehatan burung merpati. Pendampingan yang dilakukan adalah dengan memberikan pemahaman mengenai pentingnya penguatan branding pada produk baru agar dapat dikenal oleh masyarkat luas. Pendampingan yang akan dilakukan meliputi penjelasan mengenai pentingnya promosi pemasaran. Kemudian media apa saja yang dipakai untuk dilakukan promosi dan bagaimana mendapatkan konsumen baru yang belum pernah mencoba produk tersebut. Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan untuk penguatan branding produk tersebut. Masalah utama yang dihadapi adalah perkenalan dan penguatan merek JAGA RAGA di kalangan pecinta burung merpati agar selalu ingat dan menggunakan produk jamu merpati tersebut. Pendampingan yang dilakukan untuk meningkatkan promosi adalah dengan membuat desain baner yang digunakan untuk melakukan promosi. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan jamu merpati untuk calon konsumen dengan memasang baner pada saat lomba merpati berlangsung.
Unduhan
Referensi
Sriyanto; Harimukti, F; Kasidin; Sutianingsih (2020), “PENYULUHAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN RINGAN DI DESA NGIJO KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, Vol. 6, No. 1, pp. 53 – 61.
Intan, G. (2022, March 28). Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital pada 2024. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-targetkan-30-juta-umkm-go-digital-pada-2024/6504633.html
Azizah, N. & Pribadi, J. D. (2024), “PEMBUATAN DESAIN BANNER SEBAGAI MEDIA IKLAN MENGGUNAKAN APLIKASI CORELDRAW PADA UMKM KATIGA SINGOSARI KABUPATEN MALANG”, Jurnal Administrasi dan Bisnis, Volume 18, Nomor 1, pp. 77 – 87.
Chaniago, H. (2020a). “Investigation of factors influencing traditional retail success in small cities in Indonesia”, Journal of Applied Economic Sciences (JAES), Vol.15, No. 67, pp. 65–75.
Makalalag, A; Ilat, V; and Walandouw, S. K. (2023), “Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran dan Biaya Kualitas Terhadap Laba Bersih (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI Tahun 2018-2020)”, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 11, No. 3, pp. 71–81.
Resdiansyah & Pardede, R. (2024), “THE INFLUENCE OF PRODUCT DEVELOPMENT AND PROMOTION ON PURCHASE INTENTION MODERATED BY SOCIAL MEDIA INFLUENCERS”, Journal of World Science, Vol.3, No. 9, pp. 1084 – 1099.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer, Bandung: Alfabeta.
Kotler, P., & Keller, K. (2021). Marketing Management (15th Global ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Laksana. (2021), “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah)”, Angewandte Chemie International Edition, Vol. 6, No. 11, pp. 951–952.
Rahmattia, D., & Rinawati, R. (20018), “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Warung Salse”, Prosiding Manajemen Komunikasi, Vol. 4, No. 1, pp. 73–81.
Sholihat, A. (2018), “Analisis pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian”, Jurnal EMBA Vol 8 no 2.
Lestari, A. S; Wahyuningsih, N; Maharani, N; Sanjaya, L; Putra, A. P; Khomariah, A. (2022), “Penggunaan Aplikasi Google Maps dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM Desa Tiyaran”, Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, Vol. 2, No. 3, pp. 887 -894.
Malhotra, N. K. (2010), “Marketing research: An Applied Orientation. 6th edition. Prentice Hall: New York.
Aulia, A. & Arafat, Z. (2024), “PEMBUATAN BANNER SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA UMKM PEYEK BU AAS DI DESA MULYAJAYA”, Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, VOL. 1, No. 4.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Galuh Mira Saktiana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.