Literasi Digital untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa MAS Lubuk Malako
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i4.1043Kata Kunci:
literasi digital, teknologi, etika digital, kreativitas, pengabdian masyarakatAbstrak
Dengan pesatnya perkemabangan teknologi informasi seperti saat ini membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi melalui literasi digital menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menggunakan teknologi secara bijak, aman, dan produktif. Meningkatkan pemahaman siswa mengenai literasi digital serta membekali mereka dengan keterampilan dasar dalam menggunakan media digital secara positif merupakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyrakat. Kegiatan ini juga menekankan pentingnya beretika dan bertanggung jawab dalam menggunakan media digital. Kolaborasi antara sekolah dan perguruan tinggi menjadi strategi yang efektif dalam membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan era digital dengan karakter yang kuat.
Unduhan
Referensi
I Wayan, B H G,. Alhimni, A, A, R., & Kris, F. (n.d).Dampak Perkembangan AI(Artifial Intellegence) dalam Kemajuan Revolusi Industri 5.0. 2615-868X.
Sentiana, F., Mustofa, M. B., & Wuryan, S. (n.d.). Pemanfaatan artificial intelligence pada layanan informasi di perpustakaan. 12(2), 2089–5216. https://doi.org/10.1892/pk.v12i2.14488
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Indah Paramitha, D., Dziqie Aulia Al Farauqi, M., Kinanthi Damarin Tyas, I., Internasional, H., Ekonomi, F., Politik, dan, Muhammadiyah Kalimantan Timur, U., & Timur, K. (2023). Literasi Digital Pengguna Internet Indonesia Guna Mewujudkan Budaya Damai di Ruang Mayantara. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1).
Oktavia, D. H., & Suseno, G. (2024). PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA: POTENSI DAN TANTANGAN Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1680. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.876
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.
Manuella, S., & Perdani, aini. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Etika Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Pekanbaru. ANUVA, 7(2), 263–274.
Agustina, A., Adha, M. M., & Mentari, A. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik. Mindset?: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 52–64. https://doi.org/10.56393/mindset.v3i2.1696
Nashir, M., & Laili, R. N. (2021). English Teachers’ Perception toward the Switch from Offline to Online Teaching during lockdown in the Midst of Covid-19 Outbreak. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 250–260. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.287
Sentiana, F., Mustofa, M. B., & Wuryan, S. (n.d.). Pemanfaatan artificial intelligence pada layanan informasi di perpustakaan. 12(2), 2089–5216. https://doi.org/10.1892/pk.v12i2.14488
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Munir. (2021). Analisis Penerapan Literasi Digital di Madrasah Aliyah. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 9(2), 112–121.
Nugroho, A., & Fitriani, D. (2022). Penguatan Literasi Digital melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat di Sekolah Menengah. Jurnal Pengabdian Pendidikan, 5(1), 45–52.
Novita, N. N. I. (2023). Penguatan Etika Digital Melalui Materi “Adab Menggunakan Media Sosial” Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73–93. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45
Syamsuddin, M. (2023). Literasi Digital Berbasis Nilai Islam di Madrasah: Tantangan dan Strategi. Jurnal Pendidikan Islam Terpadu, 11(1), 25–33.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Widya Febriani, Miftahul Hasanah, Lasmi Yupita, Tika Arizona Febriani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.